Untuk Mencegah Harga Bawang Merah Merosot, Pengusaha Sarankan Ini

0
H Bambang Sunardi., Pelaku usaha di bidang pertanian bawang merah, pemasok bawang merah ke Indofood Group .

Jakarta, Agriculturenews.id – Di saat petani sedang melakukan panen raya bawang merah, bukannya jadi pesta panen, sebaliknya malah jadi berita duka. Hal ini disebabkan karena harga bawang alami penurunan. Jika di Nganjuk petani mengeluhkan anjloknya harga bawang merah hingga Rp8000/ kg, di Kabupaten Probolinggo justru lebih merosot tajam hingga ke kisaran Rp.5000/ kg.

Menanggaki kondisi tersebut, H Bambang Sunardi, seorang pelaku usaha di bidang pertanian dan salah satunya di pertanian bawang merah sekaligus sebagai pedagang bawang merah mengatakan, bahwa inti persoalan yang sedang dihadapi petani saat ini adalah banyak pelaku usaha dan petani yang belum punya jaringan sehingga akhirnya tergantung pada perantara atau calo.

“Tata niaga bawang merah sebetulnya simple. Kalau kita bisa bersinergi antar daerah antar propinsi, pasti perdagangan bawang merah akan bisa bertahan dan bagus,” ungkap lelaki asal desa Grinting, Bulakamba, Kab. Brebes ini, Jakarta, Jum’at (16/8/19).

Selain itu, menurut Bambang, walaupun terjadi anjloknya harga bawang merah ini karena situasi tanam yang serentak. Akan tetapi menurutnya, kondisi seperti ini bisa kita prediksi. Karena siklus tahunan sudah ada dalam pantauan Dinas Pertanian.

“Situasi tanam serentak harus kita hindari. Data tanam di dinas pertanian pasti ada,” keluh petani yang sekaligus pengusaha bawang merah yang dipercaya menjadi pemasok bawang merah ke Indofood Group ini.

Dengan demikian, terangnya, untuk mencegah panen serentak ini, harusnya Dinas mengambil alih dan pemetaan mana yang harus tanam duluan dan mana yang belakangan. Sehingga dengan demikian pada saat panen “jadi gak serentak”, imbuhnya.

“Kondisi inilah yang menyebabkan anjloknya harga bawang merah,” tambahnya.

Ia menegaskan, peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk pemetaan penanaman bawang merah. Tetapi kembali lagi pada para petani, yang bermodal pastinya tidak mau diatur oleh pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here