Badiklat SUTA Nusantara Latih SDM Handal Kelola Sereh Wangi

0

Jakarta, Agriculturenews.id – Badikalat Suta Nusantara melalui rapat yang dihadiri oleh Ketua Umum KUP Suta Nusantara Dadung Hari Setyo serta beberapa Pimpus Suta merumuskan skema pelatihan guna penguatan sumber daya manusia (SDM) di daerah melalui jejaring satuan kerja (Satker).

Menurut Anggota Badiklat dan Satker KUP Suta Nusantara Yazfi Alam, penguatan SDM ini merupakan bentuk keseriusan Suta dalam membangun kesadaran pertanian berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Diklat internal ini bertujuan untuk penguatan kemahiran, SDM dan nalar bisnis bagi para petani khususnya anggota Suta Nusantara melalui Satker yang berperan sebagai tim asistensi. Nantinya akan ada asesmenlah untuk mengklasifikasikan keahlian pada anggota Suta dan juga Satker,” terang Yasfi, Jakarta, Kamis (15/8/19).

Kata Yazfi, siapa yang memiliki keahlian dalam produksi (pertanian, pengolahan produk, dan pabrikasi) siapa yang memiliki kemampuan pemasaran (marketing dan juga packaging), trus investasi dan pengelolaan aset.

“Setelah pelatihan internal ini, kemudian kita akan melakukan evaluasi sehingga kami mampu menciptakan mekanisme yang layak untuk membuat pelatihan dengan peserta umum. Sehingga masyarakat Indonesia tahu bahwa Seraih Wangi memilik nilai ekonomis yang luar biasa,” tutur Hendri, Anggota Tim Badiklat Serai Wangi.

Menurutnya, pelatihan ini merpakan ajang penguatan SDM internal  yang nantinya akan dipersiapkan sebagai tim asistensi guna melaakukan pelatihan komoditas sereh wangi untuk seluruh petani sereh wangi se Indonesia.

Pelatihan yang akan diselenggarakan oleh Badiklat Suta Nusantara ini direncanakan akan diselenggarakan pada perrtengahan bulan September di Subang. Dalam hal ini, Badiklat akan berkerjasama dengan tim Even Organizer serta Satker Serai Wangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here