Tak Hanya Enak, Ini 14 Manfaat Baik Kentang untuk Kesehatan

0

Agriculturenews.id – Kentang mengandung karbohidrat yang sering dihindari orang. Padahal, ternyata kentang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Asalkan dikonsumsi tak berlebihan!

Agar lebih sehat, kentang bisa dikonsumsi tanpa digoreng. Ada banyak hidangan nikmat yang bisa Anda nikmati dengan bahan dasar kentang. Mulai dari baked potato hingga kentang rebus yang enak dipadukan dengan bumbu dan rempah yang sedap!

Dikutip dalam NDTV (10/11) ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari rutin konsumsi kentang. Jangan lupa ya padukan dengan protein hingga sayuran agar lebih sehat.

  1. Mengurangi peradangan

Menurut buku ‘Healing Foods’ kentang bersifat basa dan anti-infamasi dapat membantu meringankan sakit di lambung dan usus dua belas jari serta mengurangi asam lambung. Selain itu, kentang juga bisa meringankan peradangan yang terkait dengan penyakit arthritis.

  1. Mengatur tekanan darah

Kalau sebelumnya menurut buku ‘Healing Foods’, manfaat kali ini dibuktikan oleh Praktisi Kesehatan yaitu Shilpa Arora yang mengatakan, “Kentang memiliki sekitar 100 kalori, tapi yang menentukan kentang akan bergizi hanya dengan bagaimana cara kita memasak kentang.”

“Kentang juga sangat baik bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi dan retensi air karena kentang akan menstabilkan natrium yang tinggi,” lanjutnya. Selain itu, kentang juga kaya akan asam klorogenat dan anthocyanin, dan juga kandungan bahan kimianya dapat membantu Anda menurukan tekanan darah.

  1. Membantu Anda lebih rileksasi

Menurut buku ‘Healing Foods’ juga, kentang, terutama daging putihnya kaya akan triptofan, asam amino dengan sifat obat penenang alami yang membantu menenangkan saraf.

  1. Cegah penyakit jantung

Kentang tidak mengandung kolesterol alias makanan non-kolesterol. Hanya saja, jika dimasak dengan minyak tentu akan menghasilkan kandungan kolesterol. Kentang sebenarnya dapat tingkatkan kesehatan jantung karena kandungan antioksidannya berupa anthocyanin.

Selain itu juga kentang mengandung serat, kalium, dan vitamin C serta B6 membuat kentang tidak diragukan lagi akan efek untuk menyembuhkan penyakit jantung.

  1. Tingkatkan kesehatan otak

Asam alpha lipoic, koenzim yang terdapat dalam kentang pun dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan kognitif. Para ahli telah menghubungkan asam ini memiliki efek yang menguntungkan pada pasien alzheimer.

Alzheimer itu sendiri merupakan salah satu bagian dari penyakit demensia. Alzheimer ini membuat penderitanya mengalami penurunan fungsi otak dan juga fungsi koginitif. Seperti kemampuan daya ingat, berbahasa, fungsi visuospatial dan juga fungsi eksekutif dari penderita itu sendiri.

  1. Bantu lancarkan pencernaan

Kadar tinggi serat dari kentang membantu lancarkan pencernaan. Serat mendukung pencernaan dan mendorong keteraturan usus dengan menambahkan volume untuk kotoran. Selain itu, kentang juga dapat membantu dengan cepat penyembuhan sakit diare. Kaya akan kalium, mineral yang berlebihan akan hilang selama diare.

  1. Cegah insomnia

Jika Anda salah satu penderita yang sangat sulit tidur, cobalah untuk mengkonsumsi kentang. Triptofan yang secara alami ditemukan dalam kentang merupakan obat alami yang dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. Kalium yang terkandung di kentang juga berperan untuk merelaksasikan otot yang lebih menjamin tidur Anda akan lebih nyenyak dan nyaman.

  1. Meringankan gejala pramenstruasi

Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi kentang yang dihaluskan bisa meringankan gejala sindrom pramenstruasi. Kentang mengandung tinggi karbohidrat, yang dapat meningkatkan produksi serotonin di dalam tubuh. Lonjakan dalam serotonin membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi kecemasan.

  1. Baik untuk tulang

Shilpa, seorang Praktisi Kesehatan juga mengatakan bahwa kentang kaya akan kalsium dan fosfor. “Kentang membantu menguatkan tulang,” ujar Shilpa. Selain untuk tulang, kulit Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya saat Anda mengkonsumsi kentang. Anda bisa membuat masker wajah dari kentang untuk mengobati wajah dan kondisi kulit lainnya seperti bintik hitam dan noda.

10. Cegah lingkaran hitam dan kantung mata

Mata panda atau lingkaran hitam yang ada di mata Anda cukup mengganggu? Anda tidak perlu melakukan treatment mahal untuk menghilangkannya. Cukup gunakan kentang!

Kupas kulit dari kentang mentah lalu Anda potong sesuai dengan lebar lingkaran mata Anda. Lalu ambil handuk dan bungkus potongan kentang tersebut dan pelan-pelan letakkan handuk di lingkaran hitam di daerah mata Anda.

Diamkan selama 20 menit dan langkah terakhir, bilas mata Anda menggunakan air bersih. Selain segar, warna hitam di daerah mata Anda hilang dengan perlahan jika Anda rutin melakukan cara ini.

  1. Mengurangi garis halus dan kerutan

Kandungan vitamin C dapat menurunkan tanda-tanda penuaan pada wajah Anda. Untuk menyingkirkan keriput, haluskan kentang dan letakkan ke daerah garis halus atau kerutan Anda.

Haluskan kentang mentah dan letakkan di kulit Anda. Tinggalkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas menggunakan air.

  1. Perbaiki sel-sel kulit mati

Selain memperbaiki kulit bagian luar, kentang juga bisa memperbaiki kulit dari dalam. “Kulit kentang kaya akan antioksidan dapat dioleskan ke kulit untuk mengelupaskan kulit-kulit mati. Lakukan hal ini terus menerus untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit Anda,” jelas Shilpa, Praktisi Kesehatan.

  1. Merawat kulit kering

Kaya akan Vitamin C, kentang dapat membantu merawat kulit kering oleh khasiatnya dari dalam. Haluskan kentang dan campurkan dengan teh yang sudah didiamakan semalam. Lalu aplikasikan ke wajah Anda dan diamkan 20-25 menit. Bilas menggunakan air dingin agar kulit Anda terasa lebih kenyal dan segar.

  1. Merawat kulit dari paparan sinar matahari

Potong kentang menjadi dua irisan dapat membantu merawat kulit akibat paparan matahari atau yang disebut sunburns secara efektif. Jika Anda memiliki kentang yang sudah dihaluskan maka Anda dapat mengoleskannya di area kulit yang terbakar.

Cara ini bisa memberikan sensasi yang dingin untuk kulit Anda yang terkena paparan sinar matahari dan membantu Anda untuk memperbaiki kulit Anda yang rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here