Melihat Pertanian Amerika dari Sisi Teknologi

0
Ilustrasi Teknologi Pertanian (Istimewa)

Teknologi, Agriculturenews.id – Sebagai negeri yang dikenal sebagai negeri Paman Syam, Amerika juga dikenal sebagai Negara Super Power yang memiliki Teknologi lebih maju dibandingkan dengan Negara-negara lainnya. Bukan hanya di bidang persenjataan, Amerika juga turut bergeliat dalam dunia pertaniannya, dimana selama ini Ameriak, dikenal sebagai penghasil kedelai, gandum, kapas, kentang dan tembakaiu terbesar di dunia.

Banyak bahan pangan dapat ditemukan di negara tersebut. Produk-produk bahan pangan tersebut lah yang sangat mempengaruhi harga pasar di dunia. Pertanian di Amerika Serikat dikerjakan dengan teknologi pertanian yang hampir separuhnya digarap atau dilakukan oleh mesin. Sistem irigasi pada pertanian pun didesain dengan pengelolaan air yang lebih efisien. Kemajuan pada bidang pertanian dengan menerapkan perkembangan teknologi dan inovasi terkini inilah yang membuat Amerika Serikat menjadi salah satu negara pengekspor hasil pertanian dan bahan pangan terbesar di dunia.

Selain pertanian disana didukung oleh pemerintah, banyak universitas di negara tersebut yang mendukung program teknologi pertanian. Dengan begitu, hal tersebut dapat menolong para petani dan membuat mereka jauh lebih makmur.

Komoditas yang dihasilkan di pertanian Amerika pun sangat lengkap dan berkualitas baik, bahan pangan mulai dari beras,sayur-sayuran, buah-buahan, ayam potong, daging sapi, susu, hingga ke tembakau dan biji-bijian bisa didapatkan di sana. Teknologi pertanian Amerika Serikat dalam memenuhi bahan pangan semakin maju sejak abad ke-19, yaitu ditandai dengan ditemukannya banyak mesin dan teknologi baru.

Kemajuan teknologi yang terus maju ini kemudian sampai ke Amerika Serikat, akan tetapi hal tersebut tidak membuat negara itu meninggalkan pertanian. Justru karena pertanian tersebut negara di sana semakin berkembang. Mesin dan teknologi yang ditemukan itu juga dimanfaatkan sedemikian rupa untuk meningkatkan hasil dan mutu pertanian yang ada.

Tak dipungkiri, dengan majunya pertanian Amerika Serikat, membuat negara tersebut tidak mengkhawatirkan mengenai bahan pangan yang ada. Pemerintah yang sepenuhnya mendukung permainan disana juga memiliki visi untuk memajukan rakyat dengan terpenuhinya keinginan warga Amerika.

Dikutip dalam sebuah wawancara, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump pun berkata bahwa “Saat ini, petani Amerika tidak hanya menyediakan bahan pangan bagi bangsa kita saja, namun juga jutaan orang di seluruh dunia”.

Hal tersebut membuktikan bahwa Amerika Serikat telah menjadi salah satu eksportir utama dalam dunia produk bahan pangan dan pertanian dunia. Telah dikaji bahwa Amerika Serikat mampu menghasilkan hampir 140 miliar USD dari hasil panen di tahun 2017, hasil tersebut telah meningkat 8 persen dari tahun 2016. Dengan begitu para petani Amerika dan negara-negara yang mengimpor produk pertanian disana memiliki banyak keuntungan, dikarenakan semua bahan yang ada sangat berkualitas tinggi, aman, dan dapat diandalkan, sehingga dapat menyediakan makanan yang cukup untuk seluruh populasi di dunia.

Sumber : eriefoodbank.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here